Tuesday, March 17, 2009

Peserta Gandrung Belajar Menulis


Andry-23-02-09

Berbagai pertanyaan seputar jurnalistik maupun gaya penulisan yang baik serta professional deras mengalir. Sebut saja bagaimana membuat berita sesuai dengan rumus 5W+1H, struktur berita itu seperti apa, bagaimana cara menentukan angle berita yang baik dan menarik. Serta teknik pemotretan yang baik. Sehingga mereka bisa menghasilkan suatu karya yang baik dan bisa memjepret foto yang bisa berbicara.

Mering mencoba menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Selain menjawab pertanyaan tersebut secara spontan, dirinya juga kerap kali memberikan contoh jawaban melalui laptop miliknya yang memang terkoneksi jaringan internet dan layar monitor. Sehingga peserta bisa mendengar sekaligus mencernanya melalui screen di hadapan mereka.
Sesi dialog interaktif pun terjalin secara aktif antara pengampu dan peserta. Peserta terlihat merasa puas dengan paparan yang disampaikan para pembicara. Semoga ilmu pengetahuan yang mereka peroleh melalui pelatihan ini bermanfaat bagi dirinya dan bermanfaat terhadap proses sosialisasi beragam kekayaan potensi pariwisata di Ketapang.. Sehingga public di domestic maupun mancanegara menjadi tahu akan kekayaan potensi tersebut dan bersedia untuk hadir di Ketapang menikmati potensi wisata tersebut. Melalui goresan pena para peserta pelatihan ini.
Hari terakhir, workshop beragendakan beberapa sesi acara. Dimulai dengan 'Tribune Institute dan Kepariwisataan' yang disampaikan oleh Ketua Umum Tribune Institute, Dwi Syafriyanti, SH, MH dengan moderator AA Mering, SH. Dilanjutkan dengan sesi 'Menulis untuk Promosi Pariwisata' yang dipaparkan oleh Direktur Tribune Institute, AA Mering dan saya sebagai moderatornya.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan 'Study Comperative Pariwisata Manca Negara' yang dipaparkan oleh Mahasiswa Bonn University, Mathias dan Christian dan dipandu oleh Dwi Syafriyanti dan AA Mering. Kemudian dilanjutkan dengan 'Demo Fun' oleh Dorina, Dwi dan Mering. Dan yang terakhir adalah penutupan Workshop bertema 'Peran Media dan Teknologi Informasi untuk Industri Pariwisata Ketapang, oleh Kepala Disbudpar Ketapang, Yudo Sudarto, SP.M.Si.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template 'Contemplation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP